PENDEKATAN ADAPTIF DALAM IMPLEMENTASI ITIL 4 UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI LAYANANTI DI ERA DIGITAL
Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik Informasi, Universitas Al-Ghifari
DOI:
https://doi.org/10.32534/int.v17i2.7794Abstrak
Perkembangan teknologi digital yang pesat menuntut layanan TI agar lebih tangguh dan adaptif. ITIL 4, sebagai kerangka kerja manajemen layanan TI yang diperbarui, menawarkan fleksibilitas melalui integrasi dengan prinsip-prinsip Agile, DevOps, dan perbaikan berkelanjutan. Studi ini mengkaji bagaimana pendekatan adaptif dalam penerapan ITIL 4 dapat meningkatkan ketahanan layanan dalam lingkungan yang dinamis. Penelitian ini menyoroti bahwa penyesuaian praktik ITIL 4 dengan kebutuhan organisasi—ketimbang penerapan yang kaku—mendukung kesinambungan layanan yang lebih baik, respons yang lebih cepat terhadap gangguan, dan keselarasan dengan tujuan bisnis. Penerapan ITIL 4 yang adaptif memberikan kontribusi signifikan terhadap ketahanan layanan TI dengan mendorong fleksibilitas, daya tanggap, dan penciptaan nilai jangka panjang.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 hilman Ade hilman

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
