SISTEM INFORMASI PASAR (MARKETPLACE) SPAREPART MOTOR CLASSIC BERBASIS WEB
DOI:
https://doi.org/10.32534/int.v16i2.6611Abstrak
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang sedang cukup baik dalam kurun waktu 10 tahun terakhir yang rata-rata naik sekitar 5% terhitung dari 2017, mendorong sektor ekonomi dan industri tumbuh dengan cukup baik. Industri yang tumbuh cukup baik di Indonesia yaitu pada sektor transportasi yakni industri sepeda motor. Tumbuhnya ekonomi dari sektor transportasi ini berawalkan dari tren para anak muda yang hobi pada otomotif sepeda motor. Tren memodifikasi kendaraan terdapat berbagai macam jenis modifikasi, mulai dari kondisi awal kendaraan hingga merubah kondisi yang diinginkan dan modifikasi untuk mengembalikan orisinalitas sebuah kendaraan atau bisa disebut dengan restorasi. Tren modifikasi sepeda motor classic juga tak kalah popular di kalangan anak muda, tren ini merupakan tren yang tidak musiman. Sepeda motor classic sendiri merupakan kendaraan-kendaraan yang di produksi pada era 90’an dengan berbagai jenis merk dan berbagai asal negara produksi. Tantangan memiliki sepeda motor classic yaitu keterbatasan sparepart, cara berkendara yang dianggap kurang praktis dan beberapa kesulitan yang justru menjadi daya tarik bagi para penghobi sepeda motor classic. Dengan pesatnya ekonomi pada sektor industri sepeda motor, menjadi peluang bagi masyarakat untuk membuka bisnis pada sektor ini. Martketplace yang ada bersifat umum, hanya menyediakan sparepart-sparepart sepeda motor baru dan sparepart sepeda motor classic ini terlihat jarang di marketplace yang tersedia.
Kata kunci: Sistem Informasi, Sparepart Motor, Pasar, Penjualan
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 ahmad muhyi; Agust Isa Martinus, Harry Gunawan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
