SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN VARK MODEL DENGAN FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR

Penulis

  • Fillahi Zaki Alhaqi Unversitas Muhammadiyah Cirebon
  • Wahyu Triono Universitas Muhammadiyah Cirebon image/svg+xml
  • Agust Isa Martinus Universitas Muhammadiyah Cirebon image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.32534/int.v15i1.6109

Abstrak

Untuk mendukung proses belajar, seseorang harus tahu gaya belajar yang cocok untuk dirinya. Banyak siswa yang sudah mengetahui apa itu gaya belajar, namun masih kesulitan menentukan gaya belajar yang cocok untuknya, selain itu juga tidak adanya guru yang mengajarkan tentang gaya belajar menjadi faktor kurang efektifnya kegiatan pembelajaran. Maka dari itu, diperlukan suatu sistem yang dapat mengidentifikasikan gaya belajar siswa yang sesuai dengan kebiasaan siswa tersebut. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka dibuat suatu sistem identifikasi gaya belajar siswa yang merupakan salah satu alternatif untuk mempermudah para siswa dalam mengidentifikasi gaya belajar yang cocok dengannya. Dengan mengimplementasikan metode forward chaining untuk merekam jawaban siswa dan menghasilkan CF user dari jawaban tersebut. Dilanjutkan dengan metode Certainty Factor untuk menghasilkan nilai CF terbesar yang nantinya akan menjadi gaya belajar yang cocok untuk siswa tersebut. Hasil dari pengujian metode black box pada sistem, kode butir 07 sampai

12 membuktikan bahwa sistem dapat menentukan gaya belajar siswa dan menampilkan rekomendasi belajar yang sesuai berdasarkan gaya belajar siswa tersebut. Namun, perhitungan menjadi tidak akurat ketika jumlah pertanyaan ditambahkan, dan hasil perhitungannya menjadi tidak tepat.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-18