SISTEM INFORMASI AKADEMIK & ASESMEN DALAM ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SLB MUTIARA BUNDA
DOI:
https://doi.org/10.32534/int.v16i1.6028Abstrak
Sistem informasi akademik & asesmen dalam perkembangan anak berkebutuhan khusus merupakan pengolahan data yang terkait informasi akademik sekolah dan asesmen anak berkebutuhan khusus. Data yang diolah berupa data guru, siswa, mata pelajaran, kelas, manajemen nilai, dan asesmen perkembangan. Dari observasi dan wawancara dengan pengajar di SLB Mutaira Bunda Losari diperoleh hasil bahwa proses pengelolaan sistem akademik masih dilakukan dengan cara manual. Dalam menghasilkan seluruh laporan akademik maupun proses asesmen perkembangan siswa dirasa masih belum optimal dan akurat serta relatif lama dalam menyelesaikan laporan yang dihasilkan. Oleh karena itu pada penelitian ini penulis membuat sistem informasi akademik & asesmen dalam anak berkebutuhan khusus yang dapat membantu dalam meningkatkan kefektivitasan dalam mengelola data akademik dan asesmen perkembangan. Hasil dari penilitian ini adalah sebuah sistem informasi akademik & asesmen dalam anak berkebutuhan khusus, pengguna dari sistem ini terdiri dari admin, guru, walikelas, asesor dan siswa. Sistem ini dapat mengelola data akademik dan asesmen perkembangan. Dengan diterapkannya sistem ini diharapkan mampu membantu guru dan asesor di SLB Mutiara Bunda dalam mengelola data terkait akademik dan data asesmen perkembangan sehingga dapat mengurangi kesalahan pencatatan data yang mungkin terjadi pada sistem yang sedang berjalan serta dapat meminimalisir kehilangan dan kerusakan data.
Kata kunci : Sistem Informasi, Akademik, Asesmen
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Wahyu Triono, Dian Novianti, Dian Furkhati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
