Sistem Pakar Perawatan Mesin Ikiosk Dengan Metode Bayes

Authors

  • Yaman Khaeruzzaman

Abstract

Komputer pada awal diluncurkan hanya sebagai media untuk melakukan penghitungan. Dalam melakukan penghitungan tersebut komputer juga hanya mengenal kode biner. Sehingga butuh waktu yang lama dalam menemukan jawaban penghitungan tersebut. Namun di era sekarang fungsi awal komputer telah diperbaharui sehingga bukan hanya penghitungan, tapi multimedia seperti pemutar music dan video juga bisa dilakukan.

Dari kelebihan fungsi komputer tersebut, PT Indomaco Prismatama menggunakannya sebagai media atau mesin yang dapat memudahkan seorang konsumen dalam bertransaksi. Dengan ikiosk, kasir tidak lagi mengisi data calon konsumen pada pos kasir.  Hal ini dapat dilakukan karena konsumen akan memilih sendiri jenis transaksi, lalu mengisi data diri sesuai yang diminta oleh mesin ikiosk.

Namun disamping pemanfaatan komputer sebagai mesin tersebut, dalam melakukan perawatan mesin dilakukan secara manual.  Artinya, setiap mesin error, team EDP harus melakukan diagnose kesalahan menggunakan petunjuk pelaksanaan (juklak) atau bertanya langsung dengan pakar ikiosk. Pakar mesin ikiosk sendiri tidak selalu bisa dihubungi.  Inilah yang mendasari penulis untuk membangun sebuah sistem pakaryang dapat mendiagnosa kesalahan mesin ikiosk dan memberikan rekomendasi kerusakan serta penangannya.

Aplikasi sistem pakar ini berbasis Web, menggunakan Bahasa pemrograman PHP. Metode Sistem Pakar analisis kesalahan pada mesin IKiosk yang digunakan pada pengembangan aplikasi ini adalah metode bayes.

Kata Kunci: Sistem Pakar, Bayes, iKiosk

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-08-21