Aplikasi Simulasi Rambu-rambu Lalu Lintas Berbasis Android

Authors

  • Suhana Minah Jaya

Abstract

Rambu Lalu Lintas adalah perangkat utama dalam sistem pengendalian lalu lintas yang pada dasarnya berfungsi untuk mengatur dan melindungi agar semua yang berlalu lintas lancar, teratur, aman, dan selamat sampai tujuan. Pada materi pendidikan anak Sekolah Dasar, rambu lalu lintas termasuk salah satu topik yang ada pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, khususnya kelas 1 SD tentang hidup tertib, kelas 2 SD tentang disiplin di jalan raya, serta kelas 3 SD tentang norma hukum yang berlaku, hukum berlalu lintas. Pada sistem pendidikan anak Sekolah Dasar, umumnya pengetahuan tentang rambu lalu lintas sebagian besar hanya didapat melalui referensi buku paket saja, sehingga pemahaman yang didapat pun kurang maksimal dan minat siswa untuk belajar juga rendah. Siswa Sekolah Dasar lebih mengerti dan lebih senang dengan adanya gambar-gambar atau animasi-animasi yang menarik pada suatu pembelajaran. Pendidikan dengan metode yang kurang interaktif dirasa tidak kompetitif lagi, oleh karena itu dibutuhkan Pendidikan Modern yang berarti menghargai anak sebagai individu merdeka.

Perangkat lunak android saat ini telah mengalami peningkatan yang sangat luar biasa. Hal ini diakibatkan dengan dukungan vendor smartphone yang mengadopsi perangkat lunak baru ini dalam berbagai bentuk produk mereka. Sehingga secara tidak langsung pengguna akan menggunakan perangkat lunak android ketika membeli smartphone tersebut.Semakin berkembangnya perangkat lunak pada handphone berpengaruh juga semakin berkembangnya aplikasi-aplikasi serta informasi guna mengimbangi perkembangan teknologi yang ada pada saat ini.Informasi yang bermunculan pun sangat kreatif dan inovatif serta dapat membantu masyarakat umum dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.Salah satu beberapa informasi yang ada yaitu information for education “informasi untuk pendidikanâ€.

Pada jenis aplikasi informasi ini, lebih menekankan tentang pengetahuan akan dasar-dasar dari informasi yang akan di berikan.Sistem pembelajaran menggunakan media handphone lebih inovatif dan atraktif karena dapat menghubungkan teks, gambar, audio, animasi gambar, dalam satu kesatuan yang saling mendukung guna tercapainya tujuan informasi.penulis mengharapkan aplikasi ini dapat membantu pembelajaran kebudayaanuntuk anak-anak sekolah khususnya, dan masyarakat umumnya untuk lebih mengenal macam-macam kebudayaanyang ada di Indonesia melalui media telepon selular atau handphone. Dari latar belakang yang telah penulis jabarkan diatas, penulis mengambil judul“APLIKASI SIMULASI RAMBU–RAMBU LALU LINTAS BERBASIS ANDROID†sebagai bahan penelitian.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Aplikasi Simulasi Rambu-rambu Lalu Lintas, Android.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-08-21