Rancang Bangun Sistem Penilaian Beban Kerja Dosen Berbasis Web (Studi Kasus Di Universitas Muhammadiyah Cirebon)

Authors

  • Dian Novianti

Abstract

Beban Kerja Dosen (BKD) adalah sejumlah tugas yang wajib dilaksanakan oleh seorang dosen sebagai tugas institusional dalam penyelenggaraan tugas  pokok dan fungsinya dalam pendidikan dalam konteks Tridharma Perguruan Tinggi,  yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu, serta pengabdian pada masyarakat.. Untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan adanya suatu penilaian beban kerja dosen. Agar didapatkan kesesuaian antara jabatan dan tugas yang bebankan pada setiap dosen, sehingga target yang diharapkan dapat tercapai.

Universitas Muhammadiyah Cirebon belum memiliki Sistem Penilaian BKD yang dapat menyimpan data elektronik. Proses penilaian tersebut masih dilakukan secara manual dan diimplementasikan dalam bentuk access, sehingga memerlukan waktu lama untuk melakukan pengolahan data. Seringpula terjadi kesalahan perhitungan dalam penilaian, hal ini memperlambat proses pengambilan pengambilan keputusan bagi penentu kebijakan di Universitas Muhammadiyah tersebut.

Aplikasi yang dibuat adalah Rancang Bangun Sistem Penilaian Beban  Kerja Dosen Berbasis Web. Website yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan sebagai databasenya adalah MySQL. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi literatur, sedangkan metode yang digunakan adalah metode pengembangan sistem.

Aplikasi berbasis web ini dapat menampilkan data dosen dan data skor hasil penilaian BKD. Aplikasi ini juga dapat mengeluarkan informasi seputar berita, foto, dan informasi tentang BKD.

Kata Kunci: Rancang Bangun, Penilaian, BKD

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-21