Sistem Informasi Akademik (SIMAK) Sekolah Berbasis WEB Pada SMAN 2 Kota Bandung

Authors

  • Suhana Minah Jaya

Abstract

Sistem Informasi Manajemen Akademik (SIMAK) merupakan sebuah aplikasi yang dibangun untuk mengintegrasikan seluruh proses inti sebuah bisnis pendidikan ke dalam sebuah sistem informasi yang didukung oleh teknologi terkini. Dengan penerapan SIMAK akan mempengaruhi mutu layanan dan memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan adminitrasi akademik sekolah secara keseluruhan, yaitu layanan yang berhubungan dengan pihak-pihak di luar lembaga pendidikan (Front Office) dan satu lagi tentunya layanan yang berhubungan dengan intern lembaga pendidikan itu sendiri (Back Office). (2)

SMAN 2 Kota Bandung untuk penyampaian informasi  tugas dan materi masih bersifat manual, dengan kata lain proses belajar mengajar dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan tugas dan materi  hanya  dapat dilakukan pada saat pertemuan dikelas dan lingkungan sekolah. Jika pertemuan serta penyampaian informasi antara siswa dan guru tidak terjadi maka proses pembelajaran dan pemberian informasi kepada siswa terhambat. Permasalahaan lain mengenai sistem pengolahan nilai belum terintregasi dengan database, membuat data nilai mudah hilang. Belum adanya sistem pengolahan data akademik, yang membuat data akademik menjadi kurang teroganisir.

Sistem Informasi Manajemn Akademik sekolah ini menggunakan media penyimpanan data yang disebut database, dimana data-data pengelolaan, seperti nilai, tugas, materi, dan keuangan saling terintegrasi satu sama lain yang tersimpan pada sebuah hardware komputer. Dalam hal ini, LAN (Local Area Network) yang menghubungkan antara admin dengan aplikasi client dan terhubung dengan server pusat melalui jaringan local. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi literatur, sedangkan metode yang digunakan adalah waterfall.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Sistem Akademik Sekolah, Sistem Informasi Manajemen Akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-08-21