Rancang Bangun Sistem Pengolahan Data Penggajian Karyawan Dan Dosen Tetap Berbasis Web (Studi Kasus: Universitas Muhammadiyah Cirebon)

Authors

  • Supriyono Supriyono

Abstract

Sistem pengolahan data penggajian merupakan sistem yang dibangun untuk mempermudah pelaksanaan penggajian karyawan secara tepat dan akurat dengan mengkomputerisasi keseluruhan maupun beberapa bagian dari proses penggajian tersebut disertai dengan pengendalian atau kontrol atas sistem komputerisasi. Hal ini akan menunjang kelancaran aktivitas di perusahaan atau instansi dalam kegiatan sehari-harinya.

Universitas Muhammadiyah Cirebon belum memiliki sistem pengolahan data yang dapat memberikan informasi mengenai laporan gaji dan slip gaji karyawan maupun dosen serta belum optimalnya pemanfaatan sarana komputer dalam pengolahan data menyebabkan kegiatan operasional terhadap waktu sehingga berpengaruh pada roses pengambilan keputusan juga pengendalian serta pengolahan yang sulit.

Aplikasi yang dibuat adalah sistem pengolahan data penggajian karyawan dan dosen tetpa berbasis web (studi kasus: Universitas Muhammadiyah Cirebon). Website yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan sebagai databasenya adalah MySQL. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi literatur, sedangkan metode yang digunakan adalah waterfall.

Aplikasi berbasis web ini dapat menyajikan data profil karyawan dan dosen, data gaji karyawan dan dosen serta menghasilkan laporan berupa slip gaji, laporan gaji karyawan pertahun, rekap data laporan gaji karyawan pertahun, rekap data laporan gaji perbulan.

Kata Kunci : Penggajian, Karyawan, Dosen

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-21