Sistem Informasi Keuangan Menggunakan Human Computer Interaction

Authors

  • Dian Novianti

Abstract

Fungsi keuangan berhubungan dengan arus yang yang melalui perusahaan. Pertama, perlu diperoleh uang yang cukup untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan. Kemudian, dana ini perlu dikendalikan untuk memastikan agar dana tersebut digunakan dengan cara yang paling efektif. Semua manajer dalam perusahaan memiliki  tanggung jawab keuangan. Informasi yang menjelaskan arus uang – baik anggaran maupun aktual – memungkinkan manajer memenuhi tanggungjawab keuangan.

            Sistem informasi keuangan dibangun berdasarkan kebutuhan akan kemudahan pengelolaan data keuangan bagi mahasiswa dan dosen/karyawan. Tujuan perancangan sistem informasi keuangan ini adalah untuk membantu menyempurnakan sistem yang telah ada saat ini guna meningkatkan kinerja di Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) terutama pada kecepatan, akurasi integrasi dan keamanan.

Sistem informasi yang baru akan melakukan otomisasi dalam melakukan pengolahan transaksi keuangan di Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), sehingga akan dapat meningkatkan performa, akurasi dan efisiensi dari sistem lama yang masih melakukannya secara manual.

Sistem  Keuangan yang ada saat ini menggunakan paket perangkat lunak Microsoft Excel yang merupakan bagian dari paket Microsoft Office. Sistem ini ditangani oleh 2 (dua) staf biro administrasi keuangan  universitas. Sedangkan analisa laporan administrasi keuangan dilakukan oleh Kepala Keuangan Universitas.

Sedangkan di dalam penyusunan tesis ini akan diajukan dengan  menggunakan metode Human Computer Interaction (HCI). Di mana kelebihan metode ini adalah Interaksi manusia-komputer merupakan satu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi di antara pengguna dengan sistem. Peran utama dari interaksi ini adalah untuk menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, aman, efektif dan efisien.

kata kunci: sistem informasi keuangan, metode Human Computer Interaction

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-21