Implementasi Web Services Pada Sistem Integrasi Data Laporan Bulanan Penyakit Dari Puskesmas-Puskesmas

Authors

  • Supriyono Supriyono

DOI:

https://doi.org/10.32534/int.v9i2.384

Abstract

Sistem basis data yang tersebar pada tiap puskesmas menyulitkan user untuk melihat data-data laporan penyakit secara real. Seluruh basis data tersebut diintegrasikan dengan sebuah sistem manajemen basis data terintegrasi melalui mekanisme sistem berbasis web client-server. Sistem pada Dinas Kesehatan memiliki web service yang berfungsi sebagai server untuk layanan permintaan dari puskesmas. Implementasi web service tersebut termasuk bussiness-service tier, artinya web service tidak dibuat untuk berinteraksi langsung dengan user. Peran SOAP adalah sebagai protocol XML based untuk pertukaran informasi antar komputer melalui protokol transport.

Prototype sistem ini mengolah daftar objek data puskesmas, jenis penyakit, penyakit, pasien, periksa, laporan dan kriteria umur pada setiap server puskesmas yang menyediakan URL service provider dan service requestor. Teknologi web service memungkinkan panggabungan aplikasi layanan dari sistem yang berada pada masing-masing puskesmas di lingkungan dinas kesehatan Kabupaten Cirebon.

Penerapan web service pada replikasi data di sisi server akan meningkatkan kecepatan pada saat diakses. Hasil penelitian web service ini merupakan infrastruktur yang baik untuk integrasi data penyakit yang tersebar di server-server puskesmas. Integrasi data yang dibangun menggunakan web service pada prototip sistem integrasi data dapat dimanfaatkan sebagai sumber data dan informasi untuk mendukung dan meningkatkan kinerja pemerintah daerah khususnya Dinas Kesehatan.

Kata kunci: administrasi, penyakit, integrasi, data, web service, SOAP.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-21