Sistem Pengarsipan Surat Berbasis Web Di Universitas Muhammadiyah Cirebon

Authors

  • Yaman Khaeruzzaman

Abstract

Pengarsipan berperan dalam penyimpanan surat dan dokumen-dokumen yang lainnya. Pengarsipan surat yang disimpan secara teratur dan terencana dapat mempermudah dan mempercepat proses pencarian kembali jika sewaktu-waktu diperlukan.  Proses pengarsipan sangat penting karena suratdan dokumenmempunyai nilai suatu kegunaaan pada setiap organisasi.

Universitas Muhammadiyah Cirebon belum memiliki pengolahan sistem pengarsipan surat secara elektronik atau terkomputerisasi yang dapat menyimpan data surat masuk dan surat keluar. Proses pengarsipan surat yang berjalan masih dilakukan secara konvensional yaitu dengan cara menulis tangan pada buku besar. Hal ini membuat proses pengarsipan menjadi tidak efektif.

Aplikasi yang dibuat adalah sistem pengarsipan surat berbasis web. Website yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan sebagai databasenya adalah MySQL. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi literatur, sedangkan metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah waterfall.

Aplikasi berbasis web ini dapat menyimpan data surat masuk dan surat keluar secara terkomputerisasi. Aplikasi ini juga dapat mengirim disposisi secara terkomputerisasi dan mengirim pesan kepada penerima disposisi ketika disposisi itu dikirim.

Kata Kunci : Sistem Pengarsipan, Surat, Disposisi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-08-20