Sistem Informasi Manajemen Aset Berbasis WEB Studi Kasus Di Biro Administrasi Umum Universitas Muhammadiyah Cirebon

Authors

  • Suhana Minah Jaya

Abstract

Manajemen aset merupakan pengelolaan aset (kekayaan) perusahaan untuk memantaudan menghitung serta memanfaatkannya secara optimal. Fungsi dari manajemen asetitu sendiri adalah untuk informasi perjalanan aset secara keseluruhan, memuat beberapa banyak aset dan biayanya, pemanfaatan, kondisidan pemeliharaan serta lokasi penyimpanan.

Universitas Muhammadiyah Cirebon belum memilik isistem informasi sehingga dalam pencarian informasi aset menjadi lama yang tersebar dibeberapa titik lokasi maupun ruangan dan media informasi tentang aset yang dibuat oleh Biro Administrasi Umum menggunakan Microsoft Excell, hal ini membuat perubahan data dengan cara mengecek satu persatu dan rentan terjadinya duplikasi karena disimpan pada satu file inventaris aset.

Aplikasi yang dibuat adalah sistem informasi manajemen aset berbasis web.Website yangdibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, antar muka aplikasi dikembangkan dari Framework CSS Boot strap 3dan sebagai databasenya adalah MySQL. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi literatur, sedangkan metode yang digunakan adalah waterfall.

Aplikasi berbasis web ini dapat menyajikan data aset tetap terdiri dari aset bangunan atau gedung, tanah, kendaraan dan peralatan. Adapun pengelolaan yang dapat dilakukan aplikasi adalah pengadaan barang, distribusi aset ruangan, pemeliharaan aset, mutasi aset, peminjaman aset dan penghapusan aset.

KataKunci: Sistem Informasi, Manajemen Aset, Sistem Informasi Manajemen Aset.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-08-20