Sistem Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Computer Based Test ( Studi Kasus: Universitas Muhammadiyah Cirebon )

Authors

  • Supriyono Supriyono

Abstract

Sistem Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Computer Based Test (CBT) merupakan sistem yang dibangun berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan di bagian panitia penerimaan mahasiswa baru (PMB). Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum terdapatnya tes penerimaan mahasiswa baru secara terkomputerisasi di Universitas Muhammadiyah Cirebon..

Universitas Muhammadiyah Cirebon belum memiliki sistem ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru secara terkomputerisasi yang dapat menyimpan data elektronik, ujian seleksi masuk mahasiswa baru masih dilakukan secara konvensional yaitu calon mahasiswa masih harus mengerjakan soal-soal pertanyaan dengan membagikan soal-soal kepada calon mahasiswa dan proses pengkoreksiannya juga masih dilakukan secara manual yaitu dengan memeriksa soal-soal satu per satu sehingga membutuhkan waktu yang lama dan tidak efektif.

Aplikasi yang dibuat adalah Sistem Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Computer Based Test (CBT). Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan sebagai database-nya adalah MySQL. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi literatur, sedangkan metode yang digunakan adalah waterfall.

Aplikasi ini dapat melakukan pendaftaran calon mahasiswa baru, dapat melakukan ujian seleksi mahasiswa baru secara terkomputerisasi sekaligus mengkoreksi soal-soal pertanyaan yang ditampilkan dan dapat menampilkan hasil ujian seleksi secara langsung setelah menjawab soal-soal pertanyaan.

Kata Kunci: Sistem Pengolahan Data, Computer Based Test,

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-20