Optimasi Desain Reverse Logistics Dengan Pendekatan Metaheuristik

Authors

  • Nuri Kartini

Abstract

Reverse Logistics adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian yang efisien, mengefektifkan aliran biaya bahan baku, persediaan dalam proses, barang jadi dan informasi terkait dari titik konsumsi ke  asal untuk tujuan merebut kembali nilai atau pembuangan yang tepat.

Dalam membuat desain sistem reverse logistics pada penelitian ini mengambil studi kasus pada kawasan industri batik di Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah reverse logistics limbah padat lilin dapat dilakukan pada IKM batik dan membuat rancangan desain reverse logistics limbah padat lilin pada IKM batik. Dalam penyelesaian permasalahan tersebut menggunakan pendekatan model konseptual dan model matematis. Dalam perancangan model konseptual yang digunakan adalah pendekatan konsep Green Supply Chain Management (GSCM), konsep Design For Environment (DFE) dan konsep Reverse Logistics (RL). Sedangkan perancangan model matematik yang digunakan adalah metode metaheuristik dengan pendekatan Ant Colony Optimization dengan menggunakan bahasa pemrograman Delphi.

Hasil penelitian merekomendasikan lokasi-lokasi untuk pusat pengumpulan dan lokasi pusat pengolahan serta kompunen-komponen biaya yang ada dalam system reverse logistics.

Kata Kunci: Green SCM, DFE,  Reverse Logistics, Ant Colony Optimization, Metaheuristik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-20