Sistem Manajemen Hotel Berbasis Web Responsive Di Patra Jasa Cirebon Hotel

Authors

  • Wahyu Triono

Abstract

Hotel merupakan salah satu jenis sarana akomodasi yang dikenal masyarakat sebagai suatu perusahaan yang menyediakan pelayanan penginapan serta pelayanan lain yang tersedia dalam hotel tersebut bagi para pengunjung.

Pada saat ini sistem yang sedang berjalan pada Patra Jasa Cirebon Hotel untuk melakukan reservasi kamar dan mengetahui informasi hanya secara manual, sebagai contoh pada form input data tamu yang hanya dilakukan dengan menuliskan di buku tamu pengunjung oleh penjaga reservasi. Hal ini yang membuat kinerja manajemen Patra Jasa Cirebon Hotel dalam pengelolaan sistem kurang efisien dan memakan banyak waktu.

Aplikasi yang dibuat adalah sistem manajemen hotel berbasis webresponsive.Website yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, antar muka aplikasi dikembangkan dari Macromedia Dreamweaver 8 dan sebagai databasenya adalah MySQL. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi literatur, sedangkan metode yang digunakan adalah waterfall.

Aplikasi berbasis web responsiveini dapat menyajikan data manajemen hotel tetap terdiri dari Home, Product, Pesan Kamar, Hubungi, Patra Jasa dan Admin. Adapun pengelolaan yang dapat dilakukan aplikasi adalah prosedur melakukan reservasi, pendataan tamu, transaksi pembayaran dan pengeluaran hotel sertasistem manajemen hotel.

Kata Kunci : Sistem Manajemen Hotel, Web Responsive, Macromedia Dreamweaver 8, Php MySql.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-20