Rancang Bangun Sistem Informasi Perhitungan Ransum Unggas

Authors

  • Maksudi Maksudi

Abstract

Ransum merupakan salah satu faktor penting di dalam usaha produksi ternak disamping faktor bibit dan tatalaksana. Keunggulan genetik ayam dalam hal berproduksi tidak akan muncul apabila tidak dikelola secara benar dan diberi pakan yang berkualitas.

Peternakan H. Jamillah belum memiliki Sistem Perhitungan Ransum Unggas yang dapat memformulasikan ransum secara otomatis sehingga dapat mempercepat serta mengefisiensikan pekerjaan. Proses perhitungannya masih secara konvensional yaitu masih dengan cara melihat daftar perhitungan dan dikalkulasikan oleh kalkulator. Hal ini membuat proses perhitungan menjadi tidak efektif.

Aplikasi yang dibuat adalah Sistem Informasi Perhitungan Ransum Unggas. Aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan sebagai databasenya adalah MySQL. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi literatur, sedangkan metode yang digunakan adalah waterfall.

Aplikasi ini dapat menghitung kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tiap-tiap kategori umur ayam, perhitungan prakiraan biaya pakan, dan perhitungan sisa/stok bahan pakan yang tersedia.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Pelaporan, Ransum, Unggas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-20