Rekayasa Perangkat Lunak Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web

Authors

  • Maksudi Maksudi

Abstract

Pendataan peserta Praktek kerja lapangan merupakan pengelolaan peserta praktek kerja lapangan di perusahaan untuk memantau dan mendata serta memanfaatkannya secara optimal. Fungsi dari pendataan peserta itu sendiri adalah untuk informasi para peserta praktek kerja lapangan secara keseluruhan, memuat beberapa banyak data dan penempatannya, pemanfaatan, kondisi dan pemeliharaan serta lokasi penyimpanan.

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. belum memiliki sistem informasi sehingga dalam pencarian informasi peserta PKL menjadi lama yang tersebar dibeberapa titik penempatan dan media informasi tentang peserta yang dibuat oleh bagian HR Training menggunakan Microsoft Excell, hal ini membuat perubahan data dengan cara mengecek satu per satu dan rentan terjadinya duplikasi karena di simpan pada satu file.

Aplikasi yang dibuat adalah sistem informasi berbasis web. Website yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, antar muka aplikasi dikembangkan dari Framework CSS Bootstrap 3 dan sebagai databasenya adalah MySQL. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi literatur.

Aplikasi berbasis web ini dapat menyajikan data peserta PKL tetap terdiri dari biodata peserta atau asal sekolah & kampus, penempatan peserta, lama periode dan penempatan pembimbing lapangan. Adapun pengelolaan yang dapat dilakukan aplikasi adalah pendataan peserta, pembagian bidangnya, pemeliharaan data, mutasi dan penghapusan data.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Peserta Praktek Keja Lapangan, Sistem Informasi Peserta Praktek Kerja Lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-20