Sistem Pengolahan Data Topik Skripsi Berbasis Web Dan Android Di Universitas Muhammadiyah Cirebon

Authors

  • Supriyono Supriyono

Abstract

Statistik berperan dalam mengubah data yang berbentuk angka atau fakta ke dalam bentuk tabel ataupun diagram. Penyajian data dalam bentuk tabel ataupun diagram memudahkan pembaca dalam memahami data yang disajikan. Contoh dari penggunaan statistik adalah diagram yang menggambarkan tingkat kelahiran atau kematian di Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Cirebon belum memiliki sistem pengolahan data yang dapat memberikan informasi tentang tingkat penggunaan topik dalam penyusunan skripsi mahasiswanya. Media informasi tentang daftar judul skripsi yang telah disusun oleh mahasiswanya juga belum tersedia, hal ini membuat pencarian informasi daftar judul skripsi harus dilakukan dengan pergi ke Perpustakaan.

Aplikasi yang dibuat adalah sistem pengolahan data statistik penggunaan topik skripsi berbasis web dan Android. Website yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan sebagai databasenya adalah MySQL. Aplikasi berbasis android dibuat menggunakan bahasa Java. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi literatur, sedangkan metode yang digunakan adalah Waterfall.

Aplikasi berbasis web ini dapat menyajikan data statistik tingkat penggunaan topik dalam penyusunan skripsi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon dalam bentuk diagram batang. Aplikasi ini juga dapat menampilkan daftar judul skripsi yang dapat dilihat dalam website dan handphone berbasis Android.

Kata Kunci : Statistik, Topik Skripsi, Pencarian Data

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-20