SISTEM KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS – SERVICE QUALITY (AHP-SERVQUAL)
Abstract
Perguruan tinggi merupakan kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk mempersiapkan
peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat
menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian (UU No.2 tahun 1989,
pasal 16 ayat (1)). Setiap perguruan tinggi perlu memperhatikan kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan pendidikan
yang diberikan perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi tersebut. Dalam mengukur kualitas
pelayanan, Universitas Muhammadiyah Cirebon masih dilakukan secara konvensional dan bersifat subyektif. Sistem
pendukung keputusan dapat dijadikan media untuk membantu menentukan kepuasan pelayanan mahasiswa. Metode
Analitycal Hierarchy Process (AHP) merupakan salah satu metode sistem pendukung keputusan. Metode ini
merupakan metode yang menguraikan suatu masalah dari multi kriteria. Metode Service Quality (SERVQUAL)
bertujuan untuk menentukan tingkat kualitas pelayanan kepada mahasiswa dan menentukan atribut-atribut yang
berpengaruh terhadap kualitas pelayanan Universitas Muhammadiyah Cirebon.Sistem ini dapat mempermudah
mengukur tingkat kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan. Pelayanan yang diukur dalam sistem ini sesuai
dengan kriteria pada metode servqual yaitu bukti langsung sarana dan prasarana, keandalan dosen dalam perkuliahan,
daya tanggap staff dan dosen, jaminan keamanan serta empati staff dan dosen kepada mahasiswa. Dalam penelitian
ini Kriteria yang digunakan meliputi standar dosen an tenaga kependidikan serta standar sarana dan prasarana
pembelajaran. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, dengan database yang digunakan
MySQL, dan alat yang digunakan untuk merancang sistem adalah Data Flow Diagram (DFD). Hasil dari penelitian
ini adalah sebuah sistem kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan universitas dimana sistem telah berhasil menampilkan menu sesuai hak akses pengguna pada sistem. Admin dapat mengelola user, data kriteria, data
subkriteria, periode, serta laporan. Operator dapat melihat informasi laporan. Mahasiswa dapat menginput data
mahasiswa dan mengisi survei. Sistem dapat melakukan perhitungan bobot dengan data kriteria dan subkriteria yang
bersifat dinamis serta administrator dapat mengubah tanggal periode sesuai kebutuhan. Hasil akhir sistem adalah
mampu menentukan pelayanan yang sudah memuaskan dan belum memuaskan.
Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Kualitas Pelayanan, Servqual, AHP