APLIKASI MONITORING HARGA PANGAN DASAR DI PASAR MILIK DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN BERBASIS ANDROID DI KABUPATEN CIREBON

Authors

  • Sokid Sokid Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Dian Novianti Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Yesin Aminullah Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Dengan arus komunikasi yang terus berkembang di berbagai aspek kehidupan termasuk di bidang perdagangan telah mengakibatkan kebutuhan akan informasi yang terkini. Salah satu aspek yang sangat penting yaitu dinamika perubahan harga dalam aktivitas jual beli di pasar termasuk Kabupaten Cirebon. Kabupaten Cirebon termasuk kabupaten yang berpotensi untuk diperdagangkan ditunjukkan dengan banyaknya pasar yang berada di sekitar Kabupaten Cirebon. Masyarakat di Kabupaten Cirebon masih menggunakan cara yang kurang efektif untuk mengetahui harga sembako di setiap pasar, yaitu dengan cara menanyakan langsung kepada pedagang, Sedangkan para pedagang sendiri masih menggunakan cara lama untuk mengetahui harga sembako tersebut, yaitu. dengan cara melihat pamflet yang didistribusikan Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Kepala Disperindag juga menyatakan kurangnya informasi harga yang diberikan kepada masyarakat maupun pedagang di Kabupaten Cirebon dan sulitnya memantau harga jika dilakukan secara manual antara satu pasar dengan pasar lainnya. Disisi lain perkembangan teknologi mobile di era sekarang ini telah mempengaruhi pola kehidupan masyarakat, salah satunya adalah Smartphone.

                    Smartphone merupakan benda hemat yang dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Smartphone berfungsi sebagai alat komunikasi seseorang dengan orang lain. Selain sebagai alat komunikasi juga bisa menjadi smartphone sebagai penghilang rasa jenuh ketika kita merasa jenuh dengan bermain game, berselancar di dunia maya atau bahkan mendengarkan musik, smartphone juga sebagai sarana kebutuhan sehari-hari dalam dunia komunikasi untuk kantor. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, telah banyak bermunculan berbagai jenis smartphone. Smartphone dibekali berbagai macam fitur canggih untuk memenuhi kebutuhan manusia. Menurut Wikipedia, Android merupakan sistem operasi berbasis Linux untuk telepon seluler seperti Smartphone dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi pengembang untuk membuat aplikasi sendiri untuk digunakan oleh berbagai perangkat seluler yang diluncurkan oleh Google Inc. Namun kehadirannya tidak dianggap sebelah mata, karena pengguna perangkat lunak Android saat ini telah mengalami peningkatan yang luar biasa. Hal ini terlihat dari dukungan vendor smartphone yang mengadopsi software baru ini dalam berbagai bentuk produknya. Dengan berkembangnya software pada Smartphone juga berpengaruh pada perkembangan aplikasi guna mengimbangi perkembangan teknologi yang ada pada saat ini. Adanya kebutuhan dalam informasi harga pasar, sistem berbasis Android dapat dikembangkan sebagai implementasi dari perkembangan teknologi mobile.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-18