Sistem E-Voting Pemilihan Ketua OSIS Pada SMK Dinamika Arjawinangun Berbasis Web dan Android (Studi Kasus: SMK Dinamika Arjawinangun)

Authors

  • Dicky Fadillah Sandi Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Suhana Minah Jaya Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Dian Novianti Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/int.v12i1.1269

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini telah mempengaruhi kehidupan manusia dan dengan meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong manusia untuk melakukan aktivitas dengan cara-cara yang mudah, efektif dan efesien. Kemajuan teknologi sangat pesat terjadi dalam berbagai bidang, contohnya di bidang transportasi, komunikasi, kesehatan, pendidikan, dan bidang lainnya. Sehingga membuat manusia semakin memerlukan teknologi untuk mempermudah segala pekerjaan dalam kehidupan ini. Saat ini dunia telah mengenal suatu teknologi yang disebut dengan komputerisasi. Dengan komputerisasi semua orang dapat mengelola data dan berkomunikasi dengan mudah. Melalui komputerisasi, setiap orang dapat memperoleh dan menyampaikan berbagai informasi yang dibutuhkan kapan saja dan dimana saja. Kini dengan komputerisasi  manusia dapat terbantukan dengan baik dalam melakukan kegiatan seperti halnya pemilihan dengan menggunakan e-voting. 

Mengingat hal timbul pemikiran bagaimana memanfaatkan kemudahan dan murahnya sebuah teknologi mobile/web sebagai sarana untuk memudahkan pemilihan ketua OSIS ini dengan komputerisasi. dimana kecenderungan siswa menggunakan perangkat mobile/web untuk mengakses Jejaring sosial diarahkan kearah media yang dapat digunakan untuk aplikasi pemilihan ketua OSIS (e-voting) berbasiskan web dan android bisa membuat kegiatan pemilihan ketua OSIS lebih mudah dalam penyampaian informasi, lebih cepat dalam melakukan perhitungan suara, serta membuat lebih hemat terhadap kertas sehingga hasil yang didapat bisa akurat, efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-08-31