Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Saluran Kemih Dengan Metode Certainty Factor (Studi Kasus: UPT Puskesmas Cibogo Kab. Cirebon)

Authors

  • Andrian Andrian Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Maksudi Maksudi Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Dian Novianti Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/int.v12i1.1267

Abstract

Pemahaman akan penyakit saluran kemih masih rendah. Banyak sekali masyarakat yang masih mengandalkan keahlian dari pakar secara manual, sehingga banyak sekali masyarakat umum yang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kebutuhan akan adanya alat bantu bagi masyarakat pengguna dalam mendiagnosa penyakit saluran kemih pada manusia. Alat bantu tersebut berupa sistem pakar, untuk mendiagnosa dan juga cara pengobatannya.

Aplikasi sistem pakar ini menghasilkan keluaran berupa program aplikasi yang dapat dignakan untuk mendiagnosa kemungkinan penyakit saluran kemih pada tubuh manusia berdasarkan gejala yang diinputkan oleh User. Sistem ini menggunakan konsep Certainty Factor (CF), Sistem akan mencari nilai CF tertinggi, dari berbagai kemungkinan jenis penyakit berdasarkan gejala yang dimasukkan user dan hasilnya ditampilkan kepada user.

Pengujian sistem menunjukan bahwa sistem mampu melakukan diagnose penyakit salura kemih berdasarkan gejala yang diderita oleh pasien meskipun gejala-gejaln tersebut mengandung ketidakpastian. Hasil diagnosa disertai dengan nilai Certainty Factor yang menunjukan tingkat kebenaran, keakuratan, dan kepastian dari kemungkinan Penyakit Saluran Kemih pada manusia, disertai cara pengobatannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-18