Implementasi Algoritme K-Means untuk Evaluasi Kinerja Dosen pada Rancangan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Kampus

Authors

  • Wahyu Triono Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Vega Purwayoga Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Sistem Informasi Manajemen(SIM) merupakan hal yang penting dalam suatu universitas dimana SIM berperan dalam manajemen keputusan dalam pengaksesan informasi akademik misalnya Sumber Daya Manusia (SDM). SDM dalam hal ini dosen, kinerja dosen dapat dimonitoring atau diealuasi dengan menggunakan SIM.

Evaluasi kinerja dosen dapat dianalisis berdasarkan penilaian mahasiswa terhadap dosen. Mahasiswa menilai cara dosen menguasai materi, kedisplinan dosen dalam mengajar,penyajian materi, dampak dosen terhadap minat mahasiswa dalam proses pembalajaran dan kelihaian dosen dalam mengendalikan suasana kelas.

Analisis evaluasi dosen dilakukan dengan teknik data mining yaitu clustering dengan menggunakan Algoritma K-Means.Penilaian mahasiswa dikelompkkan berdasarkan nilai akumulatif dari setiap mahasiswa. Dosen dikelompokkan ke dalam kategori kurang, cukup, baik dan sangat baik. Hasil menunjukkan bahwa dosen dalam penelitianini  mendapatkan nilai terbanyak pada kategori kurang sehingga dapat menjadi evaluasi bahwa cara mengajar dosen tersebut harus diperbaiki. Hasil evaluasi pengelompokkan yang dihitung menggunakan SSE adalah 94.3 % yang menunjukkan hasil yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-18