Pengembangan Hak Asasi Manusia (HAM) dan Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.32534/annufus.v1i1.1772Kata Kunci:
Hak Asasi Manusia, Pendidikan Islam, Agama, KemanusiaanAbstrak
Artikel ini mendiskusikan tentang Hak Asasi manusia (HAM) berdasarkan perspektif Pendidikan Agama Islam. Apakah HAM bertentengan dengan Islam? Atau justru sebaliknya: Islam mengakomodirnya? Tidak dapat dipungkiri HAM terkadang dijadikan “alat” untuk menjerat dan menjatuhkan seseorang. HAM sering mengalami reduksi makna. HAM menjadi dua sisi mata uang; satu sisi mengedepankan humanism, sementara sisi yang lain menakutkan bagi sebagian orang, terutama bagi pengambil kebijakan. Persoalanya kemudian, bagaimana sesungguhnya mendudukan HAM ini pada tempatnya? Lalu bagaimana Islam melihat dan memposisikan HAM ini?

