Model Pendidikan Spiritual dan Akhlak Di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.32534/amf.v3i2.2471Kata Kunci:
Models, Spiritual Education, MoralsAbstrak
Penulisan jurnal ini dimaksudkan untuk mengetahui model pendidikan spiritual dan akhlak di sekolah. Pendidikan spiritual merupakan fitrah dasar manusia, sehingga hal ini sangat penting untuk membentuk akhlak manusia. Pendidikan spiritual bertujuan untuk memperkuat jiwa dan ruh dalam rangka menjaga hubungan baik dengan-Nya. Sehingga membawa hidup manusia lebih bermakna. Sementara akhlak merupakan hasil dari pendidikan spiritual. Pendidikan akhlak ialah upaya menanamkan, mengenalkan serta berusaha menghayati adanya pola, sikap dan tindakan manusia yang berhubungan dengan Allah, manusia serta dengan lingkungannya. Dengan demikian pendidikan spiritual dan akhlak sangat penting di terapkan di sekolah dalam upaya untuk menyadarkan kembali manusia dalam hal ini ialah peserta didik pada jalan yang lurus menuju ke-fitrah-an manusia. Oleh karena itu, diperlukannya model pendidikan spiritual dan akhlak untuk mencapai tujuan tersebut. Adapun model dalam pendidikan spiritual dan akhlak terbagi menjadi empat yaitu: Pertama, pandangan religius. Kedua, proses kependidikan. Ketiga, kurikuler. Keempat, strategi operasional.