Struktur Ide Dasar Pemikiran Pendidikan Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki
DOI:
https://doi.org/10.32534/amf.v3i1.2410Kata Kunci:
philosophy, education, Islam, science, valueAbstrak
Penelitian ini mengkaji pemikiran Syekh Muhammad bin Alawi al-Maliki dengan tinjauan filsafat Pendidikan islam. Studi ini bersifat kualitatif dengan metode penelitian induktif (istiqra), dimana peneliti menghimpun percikan percikan pandangan Syekh Muhammad tentang pendidikan kemudian darinya peneliti mengkonstruk ide dasar nya sebagai sebuah fondasi filsafat Pendidikan islam. Adapun hasil penelitiannya adalah bahwa menurut Syekh Muhammad hakikat manusia diciptakan dari tanah dan ruh yang ditiupkan Allah swt, sehingga ia terdiri dari jasmani dan rohani yang memiliki potensi mengagumkan dan sempurna. Hakikat ilmu menurutnya adalah yakin dan pengetahuan tentang sesuatu yang update yang bersumber dari wahyu dan akal untuk memperoleh pengetahuan yang meyakinkan dan relevan dengan kondisi mutakhir. Hakikat nilai tertinggi baginya ialah nilai rabbani dan hasil akal berupa nilai teoritis, ekonomis, sosial dan politik