Urgensi Pendidikan Bagi Manusia Perspektif Al-Qur’an

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32534/amf.v2i1.1311

Keywords:

manusia, pendidikan, asba>b al-nuzu>l

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengungkap keberadaan manusia dan pendidikan dalam al Qur’an melalui pendekatan asbabun nuzul. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang ilmiah (natural setting), dimana peneliti adalah sebagai instrumen inti. Metode yang digunakan adalah library research (penelitian kepustakaan) dengan cara menelaah buku-buku, tulisan-tulisan dan berbagai literatur-literatur lain yang ada kaitannya dengan masalah penelitian dan sesuai dengan objek yang diteliti. Sumber data primer berupa kitab suci al Qur’an dan tafsirnya, sedangkan data sekunder berupa buku-buku dan kitab-kitab yang mendukung pengkajian tentang masalah manusia dan pendidikan dalam ayat-ayat al Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manusia lahir dalam keadaan tidak mengetahui apa-apa, sedangkan tuntutan hidup menghendaki manusia harus bisa menghadapinya. Oleh karena itu manusia membutuhkan pendidikan sebagai media untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, ketrampilan dan bimbingan keimanan agar dapat mengarungi kehidupan dengan baik, tentram dan selamat dunia dan akherat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-18

How to Cite

Urgensi Pendidikan Bagi Manusia Perspektif Al-Qur’an. (2020). Al-Mufassir: Jurnal Ilmu Alquran, Tafsir Dan Studi Islam, 2(1), 52-65. https://doi.org/10.32534/amf.v2i1.1311

Most read articles by the same author(s)