FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMITMEN KERJA TERHADAP KEPUASAN SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA (STUDI KASUS PADA PD. BPR KAB. CIREBON)

Authors

  • Asep Gunawan
  • Edi Kusmayadi

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v10i1.317

Abstract

Dalam dunia kerja, komitmen seseorang terhadap organisasi atau perusahaan seringkali menjadi isu yang sangat penting. Saking pentingnya hal tersebut, maka beberapa organisasi seringkali memakai unsur komitmen sebagai salah satu syarat untuk memegang suatu jabatan/posisi yang ditawarkan dalam iklan-iklan lowongan pekerjaan. Sayangnya meskipun hal ini sudah sangat umum namun tidak jarang pegawai masih belum memahami arti komitmen secara sungguh-sungguh.

Tujuan yang ingin dicapai di dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor – faktor yang mempengaruhi komitmen kerja terhadap kepuasan serta dampaknya pada kinerja pada Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey.

Hasil kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa thitung untuk variabel komitmen normatif sebesar 2.886. Jadi nilai thitung variabel adalah lebih besar dari ttabel (2.886 > 1.670), sehingga secara parsial variabel komitmen normatif mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai, bahwa thitung untuk variabel komitmen afectif sebesar 4.845. Jadi nilai thitung variabel adalah lebih besar dari ttabel (4.845 > 1.670), sehingga secara parsial variabel komitmen afectif mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai, bahwa thitung untuk variabel komitmen kontinues sebesar 3.960. Jadi nilai thitung variabel adalah lebih besar dari ttabel (3.960> 1.670), sehingga secara parsial variabel komitmen kontinues mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai, dan bahwa thitung untuk variabel kepuasan kerja sebesar 4.717. Jadi nilai thitung variabel adalah lebih besar dari ttabel (4.717 > 1.670), sehingga secara parsial variabel kepuasan kerjai mempunyai pengaruh terhadap kinerja pegawai.

Kata kunci : Komitmen Normatif, komitmen afectif, komitmen continues, kepuasan kerja dan kinerja pegawai.

Published

2018-08-13

How to Cite

Gunawan, A., & Kusmayadi, E. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMITMEN KERJA TERHADAP KEPUASAN SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA (STUDI KASUS PADA PD. BPR KAB. CIREBON). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 10(1), 34–47. https://doi.org/10.32534/jv.v10i1.317