PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. DUTA INDO OMNITRON CABANG CIREBON

  • Sari Laelatul Qodriah
  • Fardan Faisal

Abstract

Kepuasan pelanggan ditentukan oleh kualitas barang yang dikehendaki pelanggan, sehingga jaminan kualitas menjadi prioritas utama bagi setiap perusahaan yang dijadikan tolak ukur keunggulan daya saing perusahaan.Pengalaman pembelian yang memuaskan menjadi salah satu alasan untuk tetap tertarik pada produk tersebut, pada akirnya mengarah pada pembelian ulang.

Tujuan dari penulis melakukan penelitian ini yaitu : Untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai kualitas produk yang di tawarkan di PT.Duta indo omnitron. Untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai harga yang ditawarkan di PT.Duta indo omnitron cirebon. Untuk mengetahui tanggapan kepuasan konsumen di PT.duta indo omnitron cirebon. Besarnya pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen di PT.Duta indo omnitro cirebon. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner.

Kualitas produk (X1) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Variabel ini di ukur oleh 6 indikator yaitu kinerja,daya tahan,kehandalan,fitur produk,kesesuaian dan desain. Adanya indikasi pengaruh positif terkait indikator Penelitian ini, sesuai dengan yang dilakukan oleh zaitil akbar (2017) Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Produk Deterjen bahwa kualitas produk mempunyai pengaruh positif & signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi yang bernilai 1,252 (0,029; 1,223) dan nilai fhitung lebih besar dari pada f tabel (1649,929 ≥ 3,232) pada tingkat signifikansi 5%. Selain itu, nilai signifikansi kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen lebih kecil dari pada nilai signifikansi α = 5% (0,000≤0,050) yang menunjukkan bahwa pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen signifikan.  Nilai koefisien determinasi (r2) adalah 0,988 yang berarti kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel kualitas produk dan harga hanya sebesar 98,8% dan sisa nya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian. Nilai konstanta sebesar -0,153 menunjukkan bahwa jika variabel kualitas produk dan harga dianggap konstan, maka nilai Kepatuhan Wajib Pajak akan menjadi sebesar -0,153. Hasil uji regresi berganda menunjukkan bahwa Nilai koefisien regresi menunjukkan bahwa variabel kualitas produk 0,029 dan harga sebesar 1,223.

Berdasarkan pertanyaan dari rumusan masalah yaitu bagaimana hubungan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen hasil output diatas, dimana nilai t hitung variabel X1 sebesar 2,160 sedangkan t tabel sebesar 2,021. Maka dapat diketahui t hitung(2,160) >t tabel (2,021) atau dengan kata lain hipotesis nol (Ho) ditolak, kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh signifikan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di PT.duta indo omnitron.

Berdasarkan pertanyaan dari rumusan masalah yaitu bagaimana hubungan harga terhadap kepuasan konsumen Untuk t hitung variabel X2 sebesar 36,784 sedangkan t tabel sebesar 2,021 Maka dapat diketahui t hitung (36,784) >t tabel (2,021) atau dengan kata lain hipotesis nol (Ho) ditolak,  kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh signifikan antara harga dengan kepuasan konsumen di PT.duta indo omnitron.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen

Published
2018-08-07
How to Cite
Qodriah, S., & Faisal, F. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. DUTA INDO OMNITRON CABANG CIREBON. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 13(2), 158-168. https://doi.org/10.32534/jv.v13i2.307