ANALISIS DIMENSI KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN OLI PELUMAS SHELL (Studi Kasus : CV Nirmala Automotive Tegal)

  • Ali Mugayat
  • Dedi Rachmat

Abstract

Loyalitas pelanggan mutlak diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk dapat tetap survive dan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Untuk membangun loyalitas pelanggan diperlukan adanya usaha-usaha dari perusahaan untuk tetap memberikan kualitas terbaik dalam setiap produk atau jasa yang di milikinya.

Tujuan Penelitian Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan oli pelumas Shell (studi kasus pelanggan bengkel nirmala automotive di Tegal Timur) ? Untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan oli pelumas Shell (studi kasus pelanggan bengkel nirmala automotive di Tegal Timur) ? Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan oli pelumas Shell (Studi kasus pelanggan bengkel nirmala automotive di Tegal Timur)

Pengaruh Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan : a (angka konstan) dari unstandardized coefficients yang dalam penelitian ini ialah sebesar 1,547 dan terlihat kualitas produk (X1) sebesar 0,217 dan kepuasan pelanggan (X2) sebesar 0,358. Berdasarkan nilai konstanta dan koefisien tersebut maka diperoleh persamaan regresi Y = 1,547 + 0,217 X1 + 0,358 X2. Analisis Koefisien Determinasi (R2) Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan :  koefisien determinasi (R2) pada tabel diatas sebesar 0,438 yang berarti nilainya sebesar 43,8% loyalitas pelanggan dapat di jelaskan dengan menggunakan variabel kualitas produk dan kepuasan pelanggan sedangkan sisanya yaitu 56,2% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh ð‘“ hitung 37,747 > ð‘“tabel 3,090 maka keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima pada tingkat signifikansi 5%. Dengan demikian kualitas produk (X1) dan kepuasan pelanggan (X2) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y).

Kesimpulan : Variabel kualitas produk (X1) setelah dilakukan uji hipotesis ada pengaruh antara kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan produk Oli Pelumas Shell. Besarnya pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dapat dilihat pada besaran nilai koefisien determinasi (R2) yang memiliki nilai sebesar 0,321 atau 32,1% Variabel kepuasan pelanggan (X2) setelah dilakukan uji hipotesis ada pengaruh antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan produk Oli Pelumas Shell. Besarnya pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dapat dilihat pada besaran nilai koefisien determinasi (R2) yang memiliki nilai sebesar 0,337 atau 33,7%. Apabila dilihat secara bersama–sama (simultan) ada pengaruh antara kualitas produk (X1) dan kepuasan pelanggan (X2) terhadap loyalitas pelanggan (Y) produk Oli Pelumas Shell. Besarnya pengaruh kualitas produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan produk Oli Pelumas Shell dapat dilihat pada besaran nilai koefisien determinasi (R2) yang memiliki nilai sebesar 0,438 atau 43,8%

Kata Kunci : Kualitas Produk; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas Pelanggan

Published
2018-08-07
How to Cite
Mugayat, A., & Rachmat, D. (2018). ANALISIS DIMENSI KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN OLI PELUMAS SHELL (Studi Kasus : CV Nirmala Automotive Tegal). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 13(2), 97-112. https://doi.org/10.32534/jv.v13i2.302