PENGARUH JOB STRESSOR DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS TATA RUANG DAN CIPTA KARYA KABUPATEN CIREBON

Authors

  • Asep Sumarsana

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v10i2.298

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah job stressor dan konflik kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kabupaten Cirebon. Hiposkripsi dalam penelitian ini yaitu job stressor dan konflik kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada salah satu Dinas di Kabupaten Cirebon.  

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen sumber daya manusia dan perilaku organisasi yang berkaitan dengan job stressor, konflik, dan kinerja pegawai.

Penelitian ini adalah penelitian sensus karena penelitian ini yang mengambil seluruh populasi menjadi sampel yaitu 56 Pegawai Negeri Sipil pada salah satu Dinas di Kabupaten Cirebon. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan survei, jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif, dan sifat dari penelitian adalah penjelasan. Model analisis data yang digunakan untuk menjawab hiposkripsi adalah Analisis Regresi Berganda, menggunakan taraf kepercayaan sebesar 95 persen.

Hasil penelitian menunjukkan secara serempak job stressor dan konflik kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Secara parsial job stressor dan konflik memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja, pengaruh job stressor lebih dominan dibandingkan dengan konflik kerja terhadap kinerja pada salah satu Dinas di Kabupaten Cirebon.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Job stressor dan konflik kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada salah satu Dinas di Kabupaten Cirebon. (2) Job stressor dan konflik kerja secara parsial memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada salah satu Dinas di Kabupaten Cirebon, dan job stressor memiliki pengaruh dominan atas kinerja pegawai pada salah satu Dinas di Kabupaten Cirebon.

Kata kunci: Job Stressor, Konflik kerja, Kinerja Pegawai

Published

2018-08-07

How to Cite

Sumarsana, A. (2018). PENGARUH JOB STRESSOR DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS TATA RUANG DAN CIPTA KARYA KABUPATEN CIREBON. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 10(2), 80–93. https://doi.org/10.32534/jv.v10i2.298