PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PERISTIWA ALAM

Authors

  • Rinto Rinto Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Fachrurodji Fachrurodji Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Nur Novia Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v4i01.587

Abstract

Berdasarkan hasil observasi diperoleh data dari target ketuntasan yaitu 80%, target yang tercapai hanya 40%. Jumlah siswa kelas V SD Negeri 1 Ujunggebang Kecamatan Kabupaten Cirebon adalah 27 siswa, 11 siswa lakilaki dan 16 siswa perempuan. Berdasarkan hasil tes sementara diperoleh data ada 7 siswa atau 26% siswa yang mencapai KKM, sedangkan 20 siswa atau 74% siswa belum mencapai KKM, KKM nya yaitu 70. Adapun kesulitan yang paling mendasar dalam pembelajaran IPA adalah siswa tidak terbiasa berkomunikasi dengan guru, dengan siswa, bahkan dengan orang lain. Hal tersebut merupakan masalah yang harus dipecahkan karena tanpa berkomunikasi atau menanyakan kepada orang lain, maka pemahaman tentang IPA tidak akan tercapai dengan baik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, meliputi 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunkan tiga cara, yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan pada Tahap Pra Siklus hasil belajar siswa V pada sekolah SDN 1 Ujunggebang dikategorikan rendah, hal ini terlihat dari perolehan nilai rata-rata pre test siswa hanya sebesar 5. Ini berarti nilai rata-rata tersebut masih di bawah nilai rata-rata KKM mata pelajaran IPA yaitu 70.

Kata Kunci: Model Numbered Head Together NHT, Aktivitas Belajar, Peristiwa Alam

Downloads

Published

2019-07-14

How to Cite

Rinto, R., Fachrurodji, F., & Novia, N. (2019). PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PERISTIWA ALAM. Jurnal PGSD, 4(01), 40–49. https://doi.org/10.32534/jps.v4i01.587