PENGARUH PENILAIAN BELAJAR MELALUI ASSESSMENT PORTOFOLIO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 1 SIGONG KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON

Authors

  • Hanikah Hanikah Universitas Muhammadiyah Cirebon.

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v4i01.583

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penilaian belajar melalui
assessment portofolio, minat belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penilaian belajar melalui assessment portofolio terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu adakah pengaruh penilaian belajar melalui assessment portofolio terhadap minat belajar siswa di kelas V SDN 1 Sigong Kecamatan Kabupaten Cirebon. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian belajar melalui assessment portofolio pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 1 Sigong Kecamatan Kabupaten Cirebon menunjukan kategori sedang dengan nilai ratarata sebesar 65,5. Minat belajar siswa memiliki rata-rata sebesar 62,85.Model regresi yang diperoleh adalah model regresi linier dengan persamaan ? = - 46,01 + 0,25X. Persamaan ini mengandung arti koefisien arah regresi linier (b) = 0,25 kali apabila penilaian belajar melalui assessment portofolio dan koefisien korelasinya sebesar 0,42 yang menunjukan kategori sedang. Konstribusi ubahan bebas pada ubahan terikat sebesar 17,64% Terdapat pengaruh yang signifikan antara penilaian belajar melalui assessment portofolio terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika karena thitung > ttabel atau 3,05 > 2,01 maka Ha diterima. Besarnya pengaruh penilaian belajar melalui assessment portofolio terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika adalah 17,64%.

Kata Kunci: assessment portofolio, dan minat belajar siswa.

Author Biography

Hanikah Hanikah, Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Dosen pada Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon.

email: hanikah@umc.ac.id

Downloads

Published

2019-07-14

How to Cite

Hanikah, H. (2019). PENGARUH PENILAIAN BELAJAR MELALUI ASSESSMENT PORTOFOLIO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 1 SIGONG KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON. Jurnal PGSD, 4(01), 10–21. https://doi.org/10.32534/jps.v4i01.583